Sebenarnya soal melilit dinamo tamiya itu mudah,rahasianya hanya ada di
dalam cara melilitnya.cara melilitnya sebenarnya hanya dibutuhkan
kerapatan yang cukup.untuk kelas tune up sebaiknya memakai lilitan 0,45 -
0,8 mm.magnet pun berbeda-beda karakternya,untuk 0,45 - 0,6mm sebaiknya
memakai magnet tipis untuk menyetabilkan arus listrik,untuk diameter
kawat diatas 0,6 dianjurkan memakai magnet tebal untuk menambah torsi
dinamo tsb.intinya semakin banyak lilitan semakin besar pula
torsinya(speed rendah), dan sebaliknya.
saya anjurkan setelah melilit supaya lilitan tsb dilem menggunakan
ALTECO (he...he... bukan promosi lho..) agar lilitan tsb tidak renggang
saat dinamo berputar akibat gaya sentrifugal.
Perbandingan lilitan dan kuat arus :
I1={N2/N1}x I2 ; untuk N= banyaknya lilitan, I kuat arus. jadi I=V/R
berarti bisa you itung sendiri khan, besar lilitan yg dibutuh kan dengan
mengetahui volt batre dibuat tetap, sedang tahanan yg berubah.
perlu diperhatikan juga, apabila putaran yg di hasilkan dinamo besar
akan tetapi akan berpengaruh terhadap ketahanan magnet. akibat panas yg
dihasilkan.
(12 lilitan)
biar saya berikan penjelasan
pertaman cari kawat ukuruan 0.5 kemudian anda gulugn kawat di dinamo
tersebut dengan gulungan mencapai 12 gulung untuk 1 kilik, dan tiap
masing masing 3 kilik anda harus 12 gulungan, dan selesai. kemudian
gulung lagi ke awal sekitar 10 gulungan, berarti dalam 1 kilikan anda
mendapat 22 gulungan dari yang pertama dan yang ke dua.
artinya kawat tersebut menjadi dua lapis. ingat dua lapis. ingat anda
menggulungnya dua lapis. ... saya tau ini dari salah satu toko yang
menjual dinamo tamiya dan gulungan dari toko tersebut dan saya sudah
coba dan ternyata kecepatanya wow kereennn abiss
dehhhhhh..........................SELAMAT MENCOBA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar